Kenalan Dengan Domain dan Web Hosting

Hallo sobat salam sapa apa kabar, salam sapa dari rumah petakan di perbatasan kota Tangerang dan Jakarta. Semangat pagi sobat salam sapa, semoga pagi ini kita diberikan kemudahan dan keberkahan dalam beraktivitas Aamiin

Sobat salam sapa tentu sudah pernah dengar ya apa itu domain dan webhosting, atau sudah tau tapi pengen tau, atau sering berhubungan tapi enggak sadar dengan keberadaan domain dan hosting haha 🙂 bahaya.

Oke kali ini salam sapa akan mengulas semoga tuntas apa itu domain dan webhosting.

Singkat saja ya sobat salam sapa

  • Pengertian hosting

Hosting sama hal nya dengan kita ingin menyewa sebuah ruko sebagai tempat usaha kita, tentunya kita akan survey dong sobat salam sapa, luas bangunan, kapasitas / daya tampung barang di ruko dan lokasi yang strategis. dalam dunia internet si hosting ini adalah ruko kita yang nantinya bisa kita pakai untuk usaha apa saja, tentunya di sesuaikan dengan budget sobat salam sapa yah.

Perbedaannya sewa ruko dan hosting, kalau ruko 150jt / bulan, kalau webhosting cuma 150rb saja.

berikut ilustrasi gambarnya sobat salam sapa.

Kenala Dengan Domain dan Web Hosting

Jadi saran kami sobat salam sapa jangan tunggu-tunggu untuk yang sudah punya produk langsung aja sewa hosting nya.

  • Pengertian domain

Adalah nama unik yang diberikan oleh penyedia jasa layanan domain dan webhosting kepada pelanggannya untuk dapa mengakses alamat IP Address server menggunakan nama yang sudah kita pilih sendiri, contoh nama domain adalah salamsapa.com.

Pemilihan nama domain adalah untuk mempermudah user dalam mengingat suatu alamat sebuah toko online atau alamat sebuah situs, tentunya orang lebih mudah mengingat hurup atau sebuah nama dibanding deretan angka.

Contoh sederhana nama domain www.salamsapa.com jika sobat salam sapa ingin tahu alamat salamsapa.com berupa deretan angka lakukan hal ini.

  1. Bukan Run
  2. Ketik CMD kemudian Enter
  3. Ketikan pada command prompt ping www.salamsapa.com kemudian enter

maka akan muncul deretan angka yang menunjukan itu adalah alamat situs salamsapa.com


so lebih mudah untuk mengingat nama dibanding deretan angka ya.

Oke next dalam membuat sebuah webhosting ada dua hal mendasar yang terpenting yang harus kita tau.

  1. Kapasitas dari webhosting nya berapa ?
  2. Bandwidht nya berapa ?

***Pemilihan hosting yang bagus biasanya terlihat dari harga sewa /bulannya di atas 100rb..

dengan kapasitas > 5GB, dan bandwidht unlimited. Saran kami untuk sobat salam sapa yang baru ingin memulai atau coba membuat website bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan, karena masih bisa di upgrade loh sobat salam sapa.

Pengertian Kapasitas.

Kapasitas berkaitan dengan webhosting kita atau server hosting kita. Umpama hosting kita hanya memiliki kapasitas 1GB, artinya kita hanya di beri jatah 1GB untuk upload video, gambar, file dll, jika yang kita upload melibihi 1GB yang artinya melebihi kapasitas, maka diwajibkan untuk segera melakukan upgrade dengan kapasitas di atas 1GB.

Seperti kita sewa ruko dengan harga murah, fasilitasnya yang di kasih cuma kamar mandi, ruangan sempit otomatis display dan stock barang juga sedikit. Berbeda dengan kita sewa ruko dengan harga bagus, fasilitas full service, ruangan luas, plus parkir mobil tentunya akan sangat banyak sekali barng yang kita simpan.

Sudah berapa banyak file yang kita upload dan sisa berapa kapasitasnya, bisa kita lihat di cpanel.

Pengertian Bandwidht

Seperti lalulintas dari sebuah jalan tol, apabila jalan tersebut sepi maka laju kendaran kita pasti sangat cepat dan sampai tujuan dengan tepat, dan apabila ramai maka yang terjadi laju kendaran kita melambat dan sampai ke tujuannya pun akan lama dan terlambat.

Berhubungan dengan bandwidht seperti hal nya lalu lintas, ketika bandwidht yang di sewa sebesar 10Mbps maka kecepatan download dan upload sebuah file pada web kita max 10Mbps, jika melebihi maka yang terjadi server web kita akan melambat karena trafict yang padat dan bisa mengakibatkan server down.

So saran kami sobat salam sapa, sewa hosting dan domain nya sekalian yang besar kapasitas secara hosting, dan lebar besar jalannya seperti bandwidht.

Beberapa Tipe Hosting

Shared hosting => adalah tipe webhosting yang menggunakan satu server yang sama untuk beberapa pengguna webhosting dalam waktu yang berasamaan.

Persamaan nya adalah kita sewa webosting servernya bareng bareng. Ibarat naek 1 bus kalo bareng bareng di dalam bus, kalau satu down ya semuanya juga down karena ber induk pada satu server.

Tipe shared hosting ini cocok sekali untuk pemula dan yang paling laris.. karena selain murah, biasanya pemula juga belum punya banyak pengunjung dan masih coba coba.

Kenala Dengan Domain dan Web Hosting

VPS => Tipe web hosting yang menggunakan virtual mesin ( Gunakan VPS ketika pengunjung > 20.000 orang per hari).

Cara kerjanya sama dengan shared hosting, tetap webhosting juga, bedanya adalah jika shared hosting ramean orangnya tuh, kadang-kadang gk kebagia tempat duduk, kalo VPS uda pasti dapet tempat duduk, ac, dan penumpangnya juga cuma 5 orang, enak toh lega space nya luas.

Dedicated Server => Tipe web hosting yang menggunakan satu server untuk satu pengguna, seperti kita sewa mobil sendirian dan penumpangan cuma kita sendiri, biasa di gunakan oleh perusahaan besar.

Cloud Hosting => Tipe web hosting yang satu ini cukup murah, rentan, berahaya dan beresiko tinggi di bobol karena berada di cloud dan pengguna hanya membayar jumlah sumber daya yang terpakai saja.

Reseller Hosting => Tipe web hosting yang di tujukan khusus untuk pengguna yang ingin berjualan hosting. jika ada temen kita yang menjual hosting bisa dipastikan dia menggunakan Reseller Hosting.

Baca juga artikel menarik lain nya ya.. sobat salam sapa, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *